Tentang Indonesia Menalar

Lahir sebagai bentuk keprihatinan atas lemahnya nalar kebangsaan dan kecenderungan sofistik yang makin meluas, Indonesia-Menalar (IM) mendedikasikan diri sebagai media online yang fokus menjalankan misi memprovokasi nalar dengan cara mengembangkan diskusi publik dan menawarkan gagasan-gagasan kreatif-inovatif.

IM memuat konten yang didominasi opini maupun informasi-informasi berbasis media massa dan media sosial, juga berbasis penelitian (research). Semua karya ditulis dengan mengutamakan kekuatan penalaran berbasis ke-Indonesiaan. Artinya, bangunan nalar yang menjadi panduan beropini, berargumentasi maupun memproduksi infomasi selalu menjadikan ciri ke-Indonesiaan sebagai panduan dan pusat orientasi.

IM merupakan media independen yang tidak berafiliasi dengan kepentingan-kepentingan primordial-partikular. Keberpihakan IM adalah pada ke-Indonesiaan, yaitu mengacu pada dasar Negara Pancasila, Konstitusi UUD’45, juga kearifan-kearifan lokal  masyarakat Indonesia serta keunikan-keunikannya. Karenanya, IM melawan berbagai bentuk ekspansi budaya asing, sikap-sikap intoleransi, diskriminasi dalam berbagai bentuk,  eksploitasi lingkungan, dan sejenisnya.

IM aktif mewartakan kabar baik (GoodNews) dengan mempromosikan berbagai prestasi yang dicapai oleh anak-anak bangsa, karya-karya unik berbagai etnik, karya-karya inovatif, dan capaian-capaian penting lainnya yang mendorong kemajuan bangsa Indonesia. IM mengembangkan semangat berpikir positif dan rasa percaya diri untuk memajukan bangsa.

Secara politik, IM mendukung politik etis yang menjadikan kekuasaan sebagai ‘alat pelayanan’ untuk mesejahterakan masyarakat dan memfasilitasi terciptanya keadilan sosial bagi kemajuan bangsa. Terkait demokrasi, IM mendukung bentuk demokrasi musyawarah mufakat yang berwatak gotong royong dengan berpijak pada hikmat kebijaksanaan.

IM mengajak semua anak bangsa untuk ikut berpartisipasi membangun nalar kebangsaan melalui tulisan dan diskusi-diskusi publik. Marilah ikut mencerdaskan bangsa dengan cara membangun nalar.

Salam bernalar!

R E D A K S I
Pemimpin Redaksi : Ricky Arnold Nggili (ricky7arnold@gmail.com)
Editor : Eliaser Wolla Wunga (yaserwolla@gmail.com)
Prof Reader : Semuel S. Lusi (semuellusi@gmail.com)
Layouter & web developer : Malfreth Adi Lobo (malfrethlobo@gmail.com)
Riset : Roberto Duma Buladja (roberto01buladja@gmail.com)

ALAMAT
Kantor Indonesia Menalar
Perum. Harapan Indah Blok D/7 Pulutan Lor, Kelurahan Pulutan, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50716

Kontak
indonesiamenalar@gmail.com

Scroll to Top